Assalamu'alaikum, Selamat Datang di Blog Resmi DPC PKS Beringin Deli Serdang - Provinsi Sumatera Utara. www.pks-beringin.blogspot.com. Jika ada pertanyaan dan saran harap di kirimkan ke Email DPC PKS Beringin di.. pks.beringin.deliserdang@gmail.com

Rabu, 06 Juli 2011

Rabu, 06 Juli 2011

Sesungguhnya Dibalik Kesulitan ada Kemudahan


Oleh :Ust H Marajaksa Harahap SAg
Ketua Umum DPD PKS Deli Serdang


Setiap kita pasti pernah mengalami kesulitan hidup, walaupun makna dan kadar kesulitannya berbeda-beda. Yang bisa menentukan makna kesulitan itu adalah kita sendiri. Karena kita yang lebih tau tentang diri kita. Kesulitan adalah nuansa fluktuatif kehidupan, yang seharusnya menambah indah suasana hidup ini. Agar tidak membosankan. Karena watak manusia selalu bosan dengan satu suasana yg tidak berubah. Untuk itulah Allah swt menggulirkan pergantian siang dan malam, lapang dan sempit serta sulit dan mudan (Q.S ali imran : 191)
Dalam hidup sesungguhnya segalanya bisa berubah. Karena memang tidak ada yang kekal, yang kekal hanyalah pemilik kekekalan itu sendiri. Dalam konteks pribadi maupun sosial. Seperti siang dan malam, seterang apapun cahaya siang tak akan mampu mengalahkan gelapnya malam. Begitupun sepekat apapun gelapnya malam, tak akan kuasa menahan terangnya siang. Hidup hanyalah pergiliran. Dari gelap ke terang, dari terang ke gelap begitulah seterusnya. Maka masalah utamanya tidak semata pada soal kesulitan dan kemudahan itu. Justru masalahnya, bagaimana kita bersikap disaat sulit maupun mudah. Satu hal yang harus diingat bahwa guncangan dan hempasan badai kesulitan tidak boleh merusak jati diri kita. Seorang mukmin mengerti apa arti sebuah kesulitan. Tidak saja dari sudut bagaimana mengatasinya, tapi juga bagaimana memahami keberadaan strategisnya. Sebagai ketetapan Allah, sebagai keniscayaan sejarah, sebagai ujian, sebagai tangga menuju penghargaan kualitas diri, juga sebagai siklus pergantian masa yang pasti terjadi dalam hidup.
Diantara  makna-makna yang bisa digali dari sebuah kesulitan :
1. Kesulitan sebagai penebus dosa.
2. Kesulitan sebagai penyaring mutu
3. Kesulitan sbg siklus kehidupan
4. Kesulitan sbg isyarat akan dtgnya kemudahan dan kemenangan.
5. Kesulitan adalah harga syurga
Kesulitan memang terkadang menyesakkan bahkan bisa menggelapkan pandangan. Tidak sedikit mereka yang putus asa ketika menghadapinya. Sampai tingkat menghabisi nyawanya dengan cara tragis. Sebaliknya tidak sedikit yang sukses keluar dari kesulitan yang terjadi dan kita adalah termasuk yang menginginkan menjadi pemenang dari setiap pergumulan hidup. Diantara tips dalam menghadapi kesulitan hidup adalah sbb :
1. Sadarkan diri bahwa Allah swt adalah Dzat Yang Maha Menyelesaikan segala persoalan.
2. Menyadari bahwa kesulitan merupakan pasangan kemudahan yang tidak bisa dihindarkan
3. Berbagilah dengan orang yang dekat
4. Sabar dan teruskan munajat serta do'a
5. Meyakini bahwa titik pertama kenikmatan kemudahan itu justru di tengah kesulitan.

Posted By : PKS-Beringin DS

 

"Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Sebelumnya Meminta Maaf, Apabila ada Kesalahan dan Kekhilafan dalam Menyajikan Informasi Serta terdapat Link-Link yang belum Aktif". Jazzaakallah Khairan Katsiran, Assalamu'alaikum Wr, Wb. ^_^

Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates